Karang Gigi! Pengertian, Penyebab, Cara mencegah dan mengatasinya

CATATAN!!! Isi Postingan dengan Judul "Karang Gigi! Pengertian, Penyebab, Cara mencegah dan mengatasinya" Hanya hasil "Kerja" (karya) dari TUKANG GIGI / AHLI GIGI yang Notabeneya masih jauh dari sempurna! Jika ingin hasil yang lebih baik, indah dan lebih sempurna, S.a.s menyarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Gigi terdekat di kawasan masing masing :)

Karang gigi ? apa sih karang gigi itu ? pernah dengar orang menyebut istilah karang gigi, tapi belum ngerti artinya ? Karang gigi adalah kotoran dalam mulut yang menempel pada gigi dalam jangka waktu lama, sehingga lama lama akan mengeras dan membatu sehingga akan sulit untuk dibersihkan jika hanya dengan menggosok gigi. atau dalam pengertian lain, karang gigi adalah kumpulan plak yang termineralisasi yang sangat lengket di atas email gigi. berdasarkan lokasi karang gigi ada di dua tempat, yaitu di supragingiva atau permukaan gigi di atas gusi dan di subgingiva atau permukaan gigi di bawah gusi. Tempat utama munculnya karang gigi pada daerah yang sulit dibersihkan.

Penyebab karang gigi

kotoran pada gigi atau plak terbentuk akibat aktivitas bakteri yang mengubah sisa gula di atas permukaan email gigi. Plak sangat sulit dibersihkan, namun jika dibiarkan menumpuk dapat memicu gangguan kesehatan mulut yang lain, Akibatnya dapat menyebabkan berbagai penyakit gusi, seperti radang gusi (gingivitis) yang ditandai dengan gusi tampak kemerahan, agak membengkak, dan sering berdarah saat menggosok gigi.

Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi lainnya (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Bila sudah tahap ini dapat menimbulkan gigi goyang karena jaringan penyangga gigi sudah rusak
karang gigi

Cara menghilangkan atau membersihkan karang gigi

Muncul karang gigi memang terkadang tidak kita sadari. jika ada telah menyadari munculnya karang gigi pada gigi anda sebaiknya anda segera melakukan tindakan untuk segera menghilangkan karang gigi tersebut, agar tidak menimbulkan gangguan mulut yang lain. Karang gigi tidak dapat hilang bila hanya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur. Untuk membersihkan karang gigi tidak dianjurkan untuk membersihkan sendiri, karena dikawatirkan akan memperparah keadaan gigi anda. Pembersihan karang gigi memerlukan bantuan dokter atau perawat gigi. Jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar, pembersihan karang tidak akan merusak gigi.Yang tidak jarang terjadi adalah gigi jadi ngilu karena bagian – bagian leher gigi yang tadinya tertutup karang jadi terbuka. Gusi juga mungkin sedikit berdarah karena tepi gusi yang tertutup karang memang lebih sensitif, tapi pendarahan akan berhenti setelah karang gigi dibersihkan.

Cara Mencegah Karang Gigi

karang gigi juga dapat dijegah agar tidak muncul pada gigi anda, dibawah ini beberapa langkah untuk mencegah karang gigi
1. Jagalah kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi dua kali sehari, dapat mencegah pembentukan plak pada permukaan email gigi.
2. Bersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss) atau sikat interdental
3. Perbanyaklah minum air putih
4. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung.
5. Lakukan pemeriksaan gigi secara berkala, 6 bulan sekali.

Semoga artikel mengenai karang gigi di atas dapat bermanfaat,

referensi : dentiadental.com, organisasi.org

Koleksi Foto Foto Gigi Karang Gigi Yang Lain Versi Ahli Gigi S.A.S :

TAGS : Contoh gambar gigi setelah di Karang Gigi, Biaya perbaikan gigi dengan Karang Gigi di Jember, Perbaikan gigi Karang Gigi murah, Karang Gigi! Pengertian, Penyebab, Cara mencegah dan mengatasinya gigi, foto Karang Gigi, trend Karang Gigi, gigi murah, ahli gigi indonesia, HargaKarang Gigi di ahli gigi Jember, TempatKarang Gigi gigi kawasan jember, Ahli Karang Gigi gigi, Spesialis Karang Gigi gigi Jember, SAS ahli Karang Gigi gigi Jember, Lokasi Karang Gigi Jember, merapikan, kecantikan gigi, contoh gigi cantik, ahli gigi jember, tukang gigi indonesia, perbaikan Karang Gigi, gigi Karang Gigi gratis, dahsyat, gigi kelinci, behel Karang Gigi, foto perbaikan gigi terbaru, gigi cantik, estetika gigi, gigi Karang Gigi, jember banget, ahli gigi sas, ?intitle:index.of? Karang Gigi kondisi gigi, contoh hasil perbaikan gigi cantik, veneer gigi, contoh gigi, teeth, lyrics, gambar gigi Karang Gigi, free, Jember Karang Gigi, album gigi, download gambar gigi Karang Gigi Karang Gigi full album tentang gigi, foto gigi terbaru, daftar harga perbaikan pasang gigi 2016, kasus gigi, solusi gigi, hasil , foto gigi indonesia new, dental gigi Karang Gigi, daftar harga, gigi gigi, tukang gigi dental indonesia terbaru, gigi estetika cantik, cara Karang Gigi gratis, perbaikan merapikan gigi, foto perbaikan gigi, foto gigi terpopuler, trend gigi, index of ahli tukang gigi kab. jember, Sas dental,

5 komentar:

  1. Mahal nggk tuh om lok bersihin gigi gitu? kayake punyaku perlu di bersiin deh hiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyAllah ndak mbk Sheila.. masih terjangkau kok :)

      Hapus
  2. Kalo berlubang sama hitam hitam itu bisa di bersiin ndak om? soalnya dulu pernah di tambal tapi lepas lagi... solusinya gmna? mohon pencerahanya ya om.

    BalasHapus
  3. Sahabat Blogger28 November, 2012

    Berkunjung lagi sahabat blogger..! Teman2 dah pada nungguin eksperimen kamu yang baru bos.. ayo muncul lagi di dunia online :))

    BalasHapus

Kritik dan saran...! Monggo :)

Jika ada pertanyaan silahkan langsung SMS/CALL /Whatsapp : 085258590050 / 082324000040 Atau Pin 2C1773D7

Follow Me
Ig @ahligigijember
Fb : Oiqs be Smile
Twitter @BeOiqs

Terima Kasih :)