Pengertian dan Cara Merawat Gigi yang Belang atau Bercak Putih (Fluorosis Gigi / Mottled Enamel)

CATATAN!!! Isi Postingan dengan Judul "Pengertian dan Cara Merawat Gigi yang Belang atau Bercak Putih (Fluorosis Gigi / Mottled Enamel)" Hanya hasil "Kerja" (karya) dari TUKANG GIGI / AHLI GIGI yang Notabeneya masih jauh dari sempurna! Jika ingin hasil yang lebih baik, indah dan lebih sempurna, S.a.s menyarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Gigi terdekat di kawasan masing masing :)

Fluorosis gigi adalah adanya peningkatan porositas pada email gigi yang berbanding lurus dengan paparan fluor yang didapatkan oleh gigi sepanjang masa pembentukannya. Secara klinis, porositas yang terjadi pada email gigi terlihat berupa gambaran bercak putih.

Penyebab fluorosis gigi adalah in-take fluor yang berlebihan pada gigi saat masa pembentukannya, yang didapat melalui fluoridasi air minum, pasta gigi, fluor yang dioleskan ke gigi, obat kumur yang mengandung fluor, atau fluor yang tertelan.

Pada dasarnya, fluor diperlukan untuk mencegah gigi berlubang, dengan catatan kandungannya harus optimal. Jika kandungan fluor yang diterima oleh gigi kita berlebihan, maka bukan manfaat yang diperoleh, namun kerugian yang akan didapat.

Menurut Journal of Evidence Based Dental Practice pada bulan September tahun 2005, peningkatan terjadinya gigi berlubang sejalan dengan tingkat keparahan fluorosis gigi.

Berdasarkan hal diatas, untuk menghindari terjadinya fluorosis gigi adalah dengan mengurangi dosis fluor pada air minum, menggunakan pasta gigi yang tidak berfluor atau dosis fluornya seminimal mungkin bagi anak-anak, begitupun orang dewasa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor maksimal 1000 ppm, dan menghindari tertelannya fluor ke dalam tubuh.

Jika gigi anda sudah terkena fluorosis ringan sampai sedang, yang tanda klinisnya hanya berupa bercak putih pada email gigi, maka perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penambalan sewarna gigi atau pembuatan veneer untuk mahkota gigi.

Jika gigi anda sudah terlanjur berlubang dan menyebabkan sakit yang luar biasa, hal yang harus dilakukan adalah mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Drg., SpKG) untuk dilakukan perawatan saluran akar gigi.

Gigi geraham yang sudah berlubang besar belum tentu harus dicabut. Jika persyaratan klinisnya memenuhi persyaratan untuk dipertahankan, maka gigi tersebut tidak perlu dicabut. Tanyakan hal ini lebih lanjut kepada Dokter Gigi anda, setelah dilakukan pemeriksaan klinis dan radiografis.

Untuk menjaga gigi supaya sehat selain pergi ke Dokter Gigi, menyikat gigi, dan pola makan yang benar adalah melakukan perawatan non invasif lain yang dapat membantu terjadinya proses pengembalian mineral gigi, seperti:

1. Meningkatkan Asupan Air Minum Anda

Minumlah air mineral minimal 2 liter (8 gelas) sehari, sehingga aliran air ludah anda akan lebih banyak. Hal ini berfungsi sebagai pembersih alami bagi gigi-gigi anda, dan sebagai penetral kondisi rongga mulut anda yang asam. Kondisi mulut asam (pH rendah) dapat menyebabkan terjadinya pelepasan mineral dari gigi.

2. Melakukan Pembersihan Gigi

Lakukan penyikatan gigi dengan teknik dan frekuensi yang tepat (artikel tanggal 10 Mei 2012 tentang jadwal menggosok gigi yang baik dan artikel 19 Juli 2012). Serta lakukan pembersihan mekanis tambahan bagi gigi menggunakan benang gigi (dental floss).

3. Menggunakan Agen Antibakteri Bagi Rongga Mulut

Anda dapat menggunakan obat kumur klorheksidin sebagai agen antibakteri bagi rongga mulut anda. Penggunaannya tidak boleh lebih dari 2 minggu berturut-turut.

4. Menggunakan Pasta Gigi Berfluor

Cara pemilihan pasta gigi yang tepat :
  • Pilih yang telah mendapat izin dari lembaga resmi, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atau yang direkomendasikan oleh badan luar negeri seperti ADA (American Dental Association) Apapun pasta gigi yang Anda butuhkan, pastikan untuk memilih pasta gigi yang telah mendapat izin resmi. Pasta gigi yang ada izin tersebut telah dievaluasi keamanan dan efektivitasnya oleh pakar ilmiah dewan peninjau independen. Semua pasta gigi yang mendapatkan izin ADA mengandung fluoride, yaitu bahan paling penting dalam pasta gigi apapun.
  • Waspada terhadap barang palsu. Pada tahun 2007, beberapa pasta gigi yang diimpor dari China ditemukan mengandung zat beracun dietilen glikol. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika – FDA (Food and Drug Administration) saat ini menyarankan untuk tidak memilih pasta gigi yang dibuat di China.
  • Pertimbangkan kebutuhan Anda dan kebutuhan anggota keluarga Anda. Selama Anda memilih pasta gigi yang mengandung fluoride, maka memilih pasta gigi terbaik tergantung preferensi pribadi masing-masing. Jika Anda berkomitmen untuk bergaya hidup alami, Anda mungkin ingin memilih pasta gigi yang mendapat izin resmi dan hanya mengandung bahan-bahan alami. Bagi orang tua yang mencoba menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan mulut yang baik pada anak-anak, Anda bisa memilih pasta gigi dengan rasa buah untuk menarik perhatian agar mereka menyikat gigi. Yang ingin mengembalikan warna putih pada gigi, pilihlah pasta gigi pemutih.

Namun kebutuhan perawatan non invasif diatas berbeda-beda kebutuhannya bagi setiap orang, sebaiknya lakukan terlebih dahulu pemeriksaan faktor resiko gigi berlubang di Dokter Gigi.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2013/05/30/1222257/Apa.Itu.Fluorosis.Gigi
KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT
Bersama drg. Citra Kusumasari, SpKG


Berikut ini adalah cara merawat gigi, gusi dan mulut agar tetap bersih dan sehat dikutip dari tanyapepsodent.com

  1. Makanlah panganan yang bergizi (dulu : Empat sehat lima sempurna, sekarang : gizi seimbang).
  2. Batasi makan dan minum panganan yang mengandung karbohidrat (gula) seperti es krim, permen, coklat dsb. Kandungan gula inilah yang menyebabkan gigi cepat keropos. Demikian juga dengan makanan-makanan yang lengket, dan tak perlu proses pengunyahan yang cukup, seperti fast food, yang membuat plak gigi mudah terbentuk.
  3. Sikat gigi setiap hari pada pagi hari sehabis sarapan dan sesudah makan malam dengan cara yang baik dan benar.
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluor, karena fluor terbukti bisa menurunkan angka kejadian karies gigi.
  5. Melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, supaya kalau ada gigi yang mulai bermasalah/berlubang dapat segera ditangani sebelum terlanjur menjadi besar (deteksi dini). Hendaknya dipahami bahwa sekali gigi mulai berlubang, karies ini tidak bisa mengecil lagi tetapi secara pelan tapi pasti akan membesar terus.
Search Terms ;
- gigi bercak putih
- gigi belang belang putih
- gigi terlihat keputihan
- mengatasi gigi yang tidak sehat
- Proses Gigi Berlubang (Karies)
- penyebab karies gigi
- ciri ciri gigi tidak sehat
- gigi keputihan dan belang belang

Koleksi Foto Foto Gigi InfoTips Yang Lain Versi Ahli Gigi S.A.S :

TAGS : Contoh gambar gigi setelah di InfoTips, Biaya perbaikan gigi dengan InfoTips di Jember, Perbaikan gigi InfoTips murah, Pengertian dan Cara Merawat Gigi yang Belang atau Bercak Putih (Fluorosis Gigi / Mottled Enamel) gigi, foto InfoTips, trend InfoTips, gigi murah, ahli gigi indonesia, HargaInfoTips di ahli gigi Jember, TempatInfoTips gigi kawasan jember, Ahli InfoTips gigi, Spesialis InfoTips gigi Jember, SAS ahli InfoTips gigi Jember, Lokasi InfoTips Jember, merapikan, kecantikan gigi, contoh gigi cantik, ahli gigi jember, tukang gigi indonesia, perbaikan InfoTips, gigi InfoTips gratis, dahsyat, gigi kelinci, behel InfoTips, foto perbaikan gigi terbaru, gigi cantik, estetika gigi, gigi InfoTips, jember banget, ahli gigi sas, ?intitle:index.of? InfoTips kondisi gigi, contoh hasil perbaikan gigi cantik, veneer gigi, contoh gigi, teeth, lyrics, gambar gigi InfoTips, free, Jember InfoTips, album gigi, download gambar gigi InfoTips InfoTips full album tentang gigi, foto gigi terbaru, daftar harga perbaikan pasang gigi 2016, kasus gigi, solusi gigi, hasil , foto gigi indonesia new, dental gigi InfoTips, daftar harga, gigi gigi, tukang gigi dental indonesia terbaru, gigi estetika cantik, cara InfoTips gratis, perbaikan merapikan gigi, foto perbaikan gigi, foto gigi terpopuler, trend gigi, index of ahli tukang gigi kab. jember, Sas dental,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kritik dan saran...! Monggo :)

Jika ada pertanyaan silahkan langsung SMS/CALL /Whatsapp : 085258590050 / 082324000040 Atau Pin 2C1773D7

Follow Me
Ig @ahligigijember
Fb : Oiqs be Smile
Twitter @BeOiqs

Terima Kasih :)