Mitos - Fakta Kedokteran Gigi

CATATAN!!! Isi Postingan dengan Judul "Mitos - Fakta Kedokteran Gigi" Hanya hasil "Kerja" (karya) dari TUKANG GIGI / AHLI GIGI yang Notabeneya masih jauh dari sempurna! Jika ingin hasil yang lebih baik, indah dan lebih sempurna, S.a.s menyarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Gigi terdekat di kawasan masing masing :)


Mengalami sakit gigi adalah pengalaman yang sangat tak menyenangkan. Tak hanya pada bagian gigi, rasa sakit pun dirasakan hingga di bagian kepala. Kalau sudah begini maka mengunjungi dokter gigi menjadi solusi andalan. Adakalanya pada saat membicarakan masalah sakit gigi sering dibumbui pula dengan bebarapa mitos gigi yang tersebar dari mulut ke mulut.



Mitos : Gigi atas yang sakit jika dicabut akan mempengaruhi syaraf mata. Bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Fakta : Syaraf yang mempersyarafi gigi geligi atas BERBEDA dengan syaraf mata. Bila seseorang sakit gigi karena karies (lubang gigi) pada gigi atas, penjalaran infeksinya memang dapat mencapai pipi hingga mata. Namun pencabutan gigi atas TIDAK akan menyebabkan kebutaan.


Mitos : Sakit gigi dapat disembuhkan cukup dengan minum obat penghilang rasa sakit (analgesik).

Fakta : Obat “pain killer” hanya membantu untuk menghilangkan rasa sakit sementara, namun infeksi bakteri pada gigi tetap ada dan suatu waktu rasa sakit akan timbul lagi. Maka jika terjadi karies, gigi tersebut harus dirawat.


Mitos : Gigi tidak perlu dicabut dan boleh dibiarkan saja bila yang tersisa tinggal akarnya saja. Toh, sudah tidak ada keluhan yang dirasakan.

Fakta : Akar gigi yang terekspos dengan lingkungan gigi tetap dapat menjadi sumber infeksi. oleh karena itu, biarpun sudah tidak terasa sakit gigi tersebut tetap harus dicabut dan dibuatkan gigi tiruan penggantinya.


Mitos : Anak yang punya kebiasaan menghisap jari giginya bisa maju atau tonggos.

Fakta : Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan thumb sucking pada anak dapat menyebabkan gigi depannya tonggos, tapi bergantung pada beberapa hal. Misalnya, sampai berapa lama anak tersebut terbiasa menghisap seberapa sering dan besarnya tekanan hisap si anak. Kebiasaan menghisap jari yang bertahan antara 36 dan 48 bulan dapat meningkatkan resiko majunya gigi depan secara signifikan.


Mitos : Bila seseorang sakit gigi lebih baik dicabut daripada ditambal, karena setelah ditambal pun masih bisa sakit lagi.

Fakta : Pencabutan gigi adalah alternatif terakhir, bila perawatan lain sudah tidak mungkin dilakukan. Gigi sebisa mungkin dipertahankan dalam mulut, karena kehilangan satu gigi saja sudah dapat mengurangi efektivitas dalam pengunyahan. Saat ini ilmu dan teknologi di bidang kedokteran gigi telah berkembang pesat. Material kedokteran gigi terus menerus diperbaiki, sehingga hasil tambalan yang baik dan tahan lama dapat dicapai.


Mitos : Enamel gigi yang putih, dianggap sehat.

Fakta :Ini sama sekali tidak benar! Gigi dapat terlihat sehat dan putih, tetapi, pada saat yang sama, dapat memiliki rongga, masalah dengan akar atau kelainan lain yang memerlukan pengobatan.


Mitos : Makan banyak coklat berdampak kerusakan gigi.

Fakta : Jika kita tidak menyikat gigi atau setidaknya berkumur mulut setiap kali setelah makan cokelat, kita berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan gigi.


Mitos : Makanan terlalu panas atau terlalu dingin dapat membahayakan gigi.

Fakta : Tidak juga, namun makan makanan terlalu panas atau terlalu dingin secara berkelanjutan dapat berbahaya untuk saraf gigi.


Mitos : Menggunakan tusuk gigi setelah makan dapat memperlebar kesenjangan antara gigi.

Fakta : Menggunakan tusuk gigi biasa tidak bisa memiliki efek seperti itu. Tapi berhati-hati ketika menggunakan tusuk gigi yg tidak steril karena mereka dapat merusak gusi dan jaringan lunak lainnya di dalam mulut.


Mitos : Teeth whitening berbahaya karena dapat merusak enamel.

Fakta : Metode pemutihan gigi, termasuk gigi laser whitening atau teknik air flow, tidak memiliki efek berbahaya. Namun demikian, kita harus ingat bahwa pemutihan gigi tidak direkomendasikan bagi yang memiliki gigi sensitif, serta tidak dianjrkan untuk ibu hamil dan menyusui.


Mitos : Bau mulut disebabkan karena adanya masalah di pencernaan.

Fakta : Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa 85 % bau mulut berasal dari gigi dan mulut. Bau mulut yang disebabkan oleh perut sangat jarang terjadi. Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang bersarang di dalam mulut yang memproduksi gas berbau yang disebut ‘volatile sulfur compound’.


Mitos : Obat kumur dapat menghilangkan bau mulut.

Fakta : Obat kumur hanya efektif dalam jangka waktu yang pendek. Malahan, pemilihan obat kumur harus dilakukan secara hati-hati, karena obat kumur berbahan dasar alkohol justru dapat memperberat bau mulut bila digunakan secara berlebihan, karena kandungan alkohol dapat membuat mulut menjadi kering.


Mitos : Pencabutan gigi tidak boleh dilakukan pada saat wanita sedang menstruasi.

Fakta : Perubahan hormonal yang dialami wanita turut mempengaruhi keadaan di rongga mulutnya. Saat menstruasi, terjadi perubahan hormonal yaitu peningkatan kadar estrogen dan progesteron yang dapat menyebabkan gusi lebih rentan terhadap peradangan. Meski demikian, pencabutan tetap dapat dilakukan pada saat wanita sedang menstruasi. Untuk menghindari resiko, pencabutan sebaiknya ditunda hingga minggu terakhir siklus menstruasi (hari ke 22-28) di mana kadar estrogen sedang rendah.


Mitos : Ibu hamil tidak boleh cabut gigi

Fakta : Sebetulnya tidak ada larangan khusus. Hanya saja, obat bius dapat membuat tekanan darah pada ibu hami yang semulanya sudah tinggi menjadi semakin tinggi yang membuat ibu hamil menjadi pingsan. Tetapi hal ini tidak akan mengakibatkan keguguran.


Mitos : Bila gigi anak berlubang tidak perlu ditambal karena nanti juga akan digantikan oleh gigi tetap/permanen.

Fakta : Gigi anak yang berlubang tetap harus ditambal, karena gigi yang berlubang dan tidak dirawat dapat menyebabkan infeksi menjalar ke jaringan pendukung gigi yang akan mempengaruhi gigi permanennya yang sedang dalam tahap tumbuh kembang.


Mitos : Sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Fakta : Penyebab sariawan belum diketahui secara pasti, namun ada banyak faktor yang diyakini berkaitan dalam memicu terjadinya sariawan. Di antaranya adalah menurunnya sistem imun (kekebalan tubuh), stress, trauma pada jaringan lunak dalam rongga mulut (seperti tergigit yang berulang-ulang), kurang nutrisi, atau disebabkan karena obat-obatan tertentu.


Mitos : Cabut gigi membatalkan puasa

Fakta : Benda asing yang masuk kemulut seperti suntikan anestesi, tidak membatalkan puasa. Suntikan yang dapat membatalkan puasa, kalau suntikan tersebut berisi “doping tenaga” atau “bahan makanan” yang dapat membuatnya “menahan lapar”. Suntikan anestesi hanya bertujuan untuk penahan rasa sakit, dan tidak ada hubungannya dengan doping atau bahan makanan. Maka itu tidak membatalkan puasa. Namun anestesi hanya bertahan 2 jam, setelah itu disarankan untuk membatalkan puasa untuk minum obat penahan rasa sakit, kecuali jika sanggup menahan rasa sakit yang bergelora. Oleh karena itu, disarankan untuk cabut gigi sekitar 2 jam sebelum waktu berbuka. Kemudian soal air kumur. Sebenernya ini tidak perlu dipermasalahkan. Berkumur waktu cabut gigi tidak berbeda dengan berkumur saat wudhuk. Karena wudhuk tidak membatalkan puasa, berkumur saat pencabutan gigi juga tidak membatalkan puasa. Mengenai minum obat rutin. Ada obat untuk pencabutan gigi yang dapat diminum 2 kali sehari. Tepat waktunya pada saat berbuka dan sahur. Jadi, cabut gigi tidak harus membatalkan puasa anda.

Sumber : http://imkgub.blogspot.com

Koleksi Foto Foto Gigi Info Yang Lain Versi Ahli Gigi S.A.S :

TAGS : Contoh gambar gigi setelah di Info, Biaya perbaikan gigi dengan Info di Jember, Perbaikan gigi Info murah, Mitos - Fakta Kedokteran Gigi gigi, foto Info, trend Info, gigi murah, ahli gigi indonesia, HargaInfo di ahli gigi Jember, TempatInfo gigi kawasan jember, Ahli Info gigi, Spesialis Info gigi Jember, SAS ahli Info gigi Jember, Lokasi Info Jember, merapikan, kecantikan gigi, contoh gigi cantik, ahli gigi jember, tukang gigi indonesia, perbaikan Info, gigi Info gratis, dahsyat, gigi kelinci, behel Info, foto perbaikan gigi terbaru, gigi cantik, estetika gigi, gigi Info, jember banget, ahli gigi sas, ?intitle:index.of? Info kondisi gigi, contoh hasil perbaikan gigi cantik, veneer gigi, contoh gigi, teeth, lyrics, gambar gigi Info, free, Jember Info, album gigi, download gambar gigi Info Info full album tentang gigi, foto gigi terbaru, daftar harga perbaikan pasang gigi 2016, kasus gigi, solusi gigi, hasil , foto gigi indonesia new, dental gigi Info, daftar harga, gigi gigi, tukang gigi dental indonesia terbaru, gigi estetika cantik, cara Info gratis, perbaikan merapikan gigi, foto perbaikan gigi, foto gigi terpopuler, trend gigi, index of ahli tukang gigi kab. jember, Sas dental,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran...! Monggo :)

Jika ada pertanyaan silahkan langsung SMS/CALL /Whatsapp : 085258590050 / 082324000040 Atau Pin DA96559C Line : Sodiqsas
Follow Me
Ig @ahligigijember
Fb : Oiqs be Smile
Twitter @BeOiqs

Terima Kasih :)